Kumpulan tulisan dan curahan pikiran saya yang bodoh ini

Tuesday, May 1, 2007

DVD Di Ubuntu

Untuk memutar DVD di Ubuntu ada aplikasi Totem Media Player. Sayang default instalasi Ubuntu 5.10 yang saya pakai belum menyertakan codec untuk format DVD. Setelah tadi sukses menginstal codec untuk MP3, tadi saya mencoba-coba instalasi codec untuk DVD.

Membaca-baca forum Ubuntu Indonesia ada thread yang membahas soal ini. Saya kemudian mengikuti saran dari mesingiling saya mulai ikuti langkah-langkahnya. (Ternyata semua informasi tersebut dapat juga didapat di http://easylinux.info/wiki/Ubuntu; maklum pemula belum tahu banyak :D ).

Dari 11 langkah yang disarankan saya hanya bisa menjalankan 6 di antaranya, yaitu :

$ sudo apt-get install gstreamer0.8-plugins
$ sudo apt-get install gstreamer0.8-ffmpeg
$ sudo apt-get install sox
$ sudo apt-get install ffmpeg
$ sudo apt-get install vorbis-tools
$ gst-register-0.8
Langkah yang lain tidak bisa dijalankan. Tapi keenam langkah di atas pun membutuhkan adanya koneksi internet, karena harus mengambil package dari servernya Ubuntu. Setelah menjalankan 6 langkah di atas, saya mencoba memasukan sebuah DVD film (saya ambil DVD favorit saya...serial Friends..he..he..) ke dalam drive dan sekarang Totem langsung otomatis bekerja. Jendela Totem terbuka dan film langsung mulai.

Sayang kenapa ya gambarnya tidak sejernih ketika saya nonton di Windows ya? Ya segitu dulu belajarnya, sudah jam 4 pagi rupanya. Boros juga belajar Ubuntu, download terus.

Update 2 Mei 2007
Saya hari ini mencoba instal Xine sebagai alternatif Totem Movie Player. Cukup mudah instalasinya, perintahnya seperti ini :
$ apt-get install xine-ui
$ aptitude install gxine
Lagi-lagi butuh koneksi internet untuk download sourcenya. Apakah semua Linux turunan Debian begini ya? Supaya player bisa mengenali format-format video yang dikenal di lingkungan Windows, saya instal w32codecs. Ambil sourcenya di sini ; setelah download diinstal dengan perintah :
$ sudo dpkg -i w32codecs_20061022-0.0_i386.deb

No comments:

Blog Archive