Kumpulan tulisan dan curahan pikiran saya yang bodoh ini

Thursday, May 3, 2007

Install TeXLive 2007 Di Ubuntu

Menyambung tulisan saya sebelumnya, TeXLive Di Linux, tadi saya mengulang instalasi LaTeX kali ini dengan menggunakan installer TeXLive 2007. Besar file instalasinya adalah 1.8GB (bisa diburn ke dalam DVD). File ini berbentuk file *.iso. Anda bisa memperoleh file image DVD instalasinya di websitenya TeXLive. Di sana Anda bisa mengambil file image yang sudah dikompres menjadi sebesar 930MB.

Langkah-langkah instalasinya adalah seperti berikut ini :

  1. Ekstrak terlebih dulu file texlive-live.iso.zip yang sebesar 930MB untuk mendapatkan file image yang besarnya kira-kira 1,8GB.
  2. Mount file image TeXLive tersebut dengan perintah :
    $ sudo mount -o loop /home/texlive-live.iso /mnt
  3. Contoh di atas ditulis dengan asumsi file image TeXLive berada di direktori /home dan akan dimuat ke direktori /mnt/li>
  4. Masuk ke direktori tempat image tersebut dimuat dengan perintah :
    $ cd /mnt
  5. Untuk membuka program penginstal gunakan perintah :
    $ sh ./install-tl.sh
    Tampilan yang akan muncul sama seperti gambar pada tulisan saya sebelumnya; lihat di sini.
  6. Biarkan setting yang sudah ada, lalu ketik I lalu tekan Enter untuk memulai proses instalasi lengkap TeXLive ke dalam komputer. Dalam kasus saya tadi, saya mengganti direktori instalasinya ke /home/tedy. Untuk mengganti terlebih dulu direktori instalasi, ketik D lalu Enter, ketik 1 lalu Enter, masukkan alamat direktorinya.
  7. Setelah proses instalasi selesai, langkah berikutnya adalah mengatur PATH. Perintahnya adalah seperti ini :
    $ PATH=/home/tedy/texlive/2007/bin/i386-linux:$path
    $ export PATH
  8. Untuk memeriksa apakah Linux sudah menggunakan LaTeX yang berasal dari TeXLive, gunakan perintah ini :
    $ which latex
Proses instalasi sudah selesai, TeXLive sekarang bisa dijalankan dari terminal. Tinggal memilih text editor khusus LaTeX semacam TeXnicCenter tapi yang bisa dipakai di Linux.


Update 4 Mei 2007

Pada langkah 6 di atas, jika saya menjalankan perintah tersebut Linux hanya akan menggunakan konfigurasi tersebut pada session aktif saja. Ketika sistem restart, Linux akan kembali membaca ke konfigurasi awal (/usr/bin/latex). Jadi supaya Linux tetap menjalankan LaTeX yang ada di /home/tedy/texlive/2007/bin/i386 maka perintah pada langkah 6 tersebut perlu dimasukan ke dalam file ~/.bashrc yang ada di dalam /home. Masukkan baris berikut ini ke dalam file ~/.bashrc :
PATH=/home/tedy/texlive/2007/bin/i386-linux:$path;
export PATH;

No comments:

Blog Archive