Kumpulan tulisan dan curahan pikiran saya yang bodoh ini

Sunday, April 29, 2007

Main Sebentar Dengan Ubuntu

Malam ini tadinya saya mau mencoba instal Linux IGOS Nusantara. Tapi gagal, space kosong di harddisk kurang (double boot dengan Windows) saya sisakan 2 GByte untuk Linux. Aneh juga memang IGOS, fitur customize package-nya error. Saya jadi susah untuk memilih package apa saja yang perlu dan tidak perlu diinstal. Harusnya dengan fitur customize package, saya bisa mengurangi package yang tidak perlu. Biasanya Linux untuk pemakaian standar 2 GByte itu sudah cukup. Setelah 4 kali gagal instal, instal saja Ubuntu :D . Sukses juga dengan space cuma 2 GByte ini.

Dulu sebenarnya saya pernah pakai Ubuntu, cuma sebentar. Awalnya karena susah saat mau mendengar lagu dengan format MP3 :D . Sebenarnya bukan susah, belum ngerti saja..he..he..he...yang jelas defaultnya Ubuntu tidak menyertakan codec untuk MP3 player. Tidak seperti Mandrake yang sering saya pakai sudah menyertakan MP3 player (amarok, dkk). Sekarang Linux sudah dipasang, hal yang bisa dilakukan cuma internet, ya buka blog saja. Ini screenshot blog saya.

ubuntu1

Tadi browsingnya dengan Firefox, lalu capture gambarnya dengan fitur Take Screenshot yang ada di sistemnya Ubuntu, lalu diperkecil ukuran file gambarnya dengan Gimp.

Ada cerita sedikit tentang CD Ubuntu yang saya punya. Tahun 2005 lalu saya iseng daftar di websitenya Ubuntu untuk mendapat CD gratis. Satu bulan menunggu, datang juga CDnya. Waktu itu saya dapat 10 CD. Ketika paket datang, saya harus membayar Rp7500,- ongkos pos dari Belanda. Sudah saya bagi-bagi ke teman-teman sisa 1 untuk saya. Satu album (tempat CDnya dari kertas) isinya 2 CD; satu CD instaler dan satu live CD (yang bisa dipakai tanpa harus instal ke dalam harddisk). Hebat ya proyek Ubuntu ini, bagi-bagi CD gratis ke seluruh dunia. Sayang masih susah dan belum umum bagi banyak orang di Indonesia. Susah kan orang awam belajar langsung Linux. Rata-rata orang di Indonesia begitu "melek" komputer kenalnya Windows, saya juga begitu soalnya..ha..ha..ha..kenal Linux setelah di kampus.

No comments:

Blog Archive